Advertisement

Jangan Sepelekan Ambeien! Begini Cara Mencegahnya

Dewi Andriani
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Sepelekan Ambeien! Begini Cara Mencegahnya Makanan berserat bisa mencegah wasir atau ambeien. - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kurangnya konsumsi serat harian dapat menyebabkan terjadinya wasir atau ambeien yaitu suatu kondisi di anus yang mengakibatkan rasa tidak nyaman saat duduk. Ambeien terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah di dalam atau sekitar anus.

Penderita umumnya menemukan gumpalan daging di daerah anus. Akibatnya, pengidap wasir akan mengalami rasa sakit saat buang air besar, menemukan bercak darah di tinja, serta merasa gatal dan iritasi di sekitar anus. Sayangnya masih banyak masyarakat yang mengenggap sepela penyakit wasir.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ulfah Mahardika Pramono Putri, ahli gizi independen mengatakan rendahnya asupan serat dapat menimbulkan wasir yang memiliki risiko besar bila tidak diobati. Mulai dari munculnya rasa sakit yang semakin parah, anemia, pendarahan terus-menerus yang mengancam jiwa, terputusnya aliran darah dan oksigen, serta komplikasi kesehatan lainnya.  Bahkan, pasien kemungkinan memerlukan tindakan operasi bedah untuk menghilangkan tonjolan di anus.

“Kurangnya asupan serat merupakan salah satu penyebab seseorang menderita wasir. Karena konsumsi serat yang rendah menyebabkan feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan dari sistem pencernaan. Nah, serat ini berfungsi merangsang aktivitas usus untuk mengeluarkan feses secara teratur,” ujarnya.

Baca juga: Wisata Murah Meriah, Rekomendasi Embung di Jogja untuk Berakhir Pekan

Sementara itu, Arif Firiandri Yulius, Direktur Utama dan Dokter Spesialis Gizi klinik Nutrif Clinic & Nutrif Farma mengatakan bahwa wasir ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat seperti apel, pir, jeruk, dan pepaya dan sayuran seperti selada, timun, dan tomat.

"Serat mempermudah proses buang air besar dan pelunakan tinja sehingga kita tidak perlu mengejan lebih kuat. Kalau kita mengejan lebih kuat maka akan berisiko terkena wasir,” ujarnya.

Selain mengonsumsi sayur-sayuran kaya serat, wasir dengan tingkat keparahan ringan dan sedang dapat ditangani dengan mengonsumsi suplemen herbal secara rutin.

Advertisement

Setidaknya ada empat kandungan alami yang berguna sebagai kandungan antiinfeksi dan satu kandungan lainnya yang berfungsi mengempiskan wasir.

Yaitu, ekstrak citrus sinensis yang berguna untuk mengobati wasir akut. Bahan ini mengandung vitamin C yang memperkuat dinding pembuluh darah anus. Kandungan serat yang membantu melunakkan feses, daun ungu turut mengurangi peradangan dan nyeri pada anus.

Kemudian, daun iler menyembuhkan peradangan luka wasir dan membantu proses penyembuhan wasir serta daun pegagan yang memiliki kandungan antiinfeksi yang mempercepat meredakan rasa nyeri. Keempat kandungan tersebut diolah menjadi suplemen herbal berbentuk kapsul yang diproduksi dengan standar internasional dan dapat dikonsumsi setiap hari untuk jangka panjang.

Advertisement

"Kandungan herbal lengkap tanpa efek samping membantu meringankan gejala wasir dan meringankan gangguan peredaran darah di kaki atau varises,” ujar Bagus Arigunanto, Product Manager Nutrafor Wazzir.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia Qatar Ternyata Dibuat di Sini

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement