Advertisement

Si Kecil Tak Cocok Susu Sapi? Ini Solusinya..

Abdul Hamied Razak
Senin, 21 November 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Si Kecil Tak Cocok Susu Sapi? Ini Solusinya.. Presenter sekaligus artis Asmirandah Zantman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Angka kejadian dan risiko alergi, terutama yang dipicu dari makanan seperti tidak cocok susu sapi, masih sering dialami oleh anak berusia di atas 1 tahun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kondisi alergi karena tidak cocok susu sapi merupakan salah satu tantangan kesehatan yang sering dialami sekitar 2-7,5% anak-anak. Namun, masih banyak orang tua yang tidak menyadari anaknya memiliki risiko alergi susu sapi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Jika tidak ditangani dengan tepat tentu dapat berdampak serius. Anak yang alergi mengonsumsi susu sapi berisiko mengalami kekurangan asupan nutrisi dan bisa memengaruhi tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan alternatif nutrisi tepat, aman dan sama baiknya dengan susu sapi. "Salah satunya formula berbasis isolat protein kedelai atau soya yang telah difortifikasi untuk anak di atas 1 tahun," kata Senior Brand Manager SGM Eksplor Soya, Renta Situmeang melalui rilisnya, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Syarat dan Cara Konsultasi ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan

Ia meminta para orang tua tidak perlu khawatir tentang mitos di mana susu yang berbahan dasar soya tidak sebaik nutrisi dari susu sapi. Karena faktanya, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pola pertumbuhan, fungsi metabolisme, endokrin, imunitas, sistem saraf, dan kesehatan tulang anak-anak yang mengonsumsi formula isolat protein soya tidak berbeda signifikan dengan anak-anak yang mengonsumsi susu sapi.

Saat ini formula soya telah difortifikasi dari berbagai mineral dan vitamin, sehingga tetap dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak yang tidak cocok susu sapi. "Jadi, tumbuh kembang anak-anak yang mengonsumsi formula isolat protein soya sama baiknya dengan yang mengonsumsi susu sapi," katanya.

Presenter sekaligus artis Asmirandah Zantman mengatakan, sebagai seorang ibu dengan anak yang tidak cocok susu sapi sempat merasa khawatir tentang pemenuhan nutrisi dan tumbuh kembangnya. "Sebagai ibu, kadang saya juga suka dihadapi kebingungan akan pemenuhan nutrisi seperti apa yang cocok untuk anak yang tidak cocok susu sapi, terlebih saat mendengar mitos-mitos terkait hal ini," katanya.

Advertisement

Dengan kondisi seperti itu, ia dan suaminya menjadi lebih ekstra tanggap terhadap gejala yang muncul, rutin berkonsultasi dengan dokter, dan mengendalikan gejala tidak cocok susu sapi bagi anaknya dengan konsumsi nutrisi alternatif yang tepat. "Saya memilih formula Isolat Protein Soya untuk memenuhi nutrisi tepat dengan gizi seimbang," katanya. *

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cerita Pelajar Gunungkidul Terseret Banjir, 1,5 Jam Berpegangan di Pohon Kayu Putih

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement