Advertisement

Asam Urat Bisa Menyerang Anak Muda? Begini Cara Mengobatinya

Widya Islamiati
Sabtu, 26 November 2022 - 05:57 WIB
Arief Junianto
Asam Urat Bisa Menyerang Anak Muda? Begini Cara Mengobatinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Penyakit asam urat yang dalam istilah medis disebut sebagai gout, sering dikaitkan dengan usia yang lebih tua.

Laman Direktur Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut, penyakit ini lebih sering menyerang pria yang berusia lebih dari 30 tahun dan pada wanita di usia menopause.

Advertisement

Tetapi apakah asam urat dapat menyerang orang di usia muda?

Di laman yang sama tertulis, asam urat merupakan penyakit radang sendi yang terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat. Tempatnya biasanya di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, serta yang paling umum di jempol kaki.

Penyebab penumpukan kristal asam urat ini adalah kondisi tertentu seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit tiroid, anemia, hipertensi, tinggi kolesterol, obesitas dan sleep apnea. Semua kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh menghasilkan asam urat berlebihan. 

Faktor risikonya seperti mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit ini,  pernah alami cedera atau pembedahan, mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula, sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan purin yang dapat memicu asam urat seperti daging merah, jeroan hewan, ataupun ikan kaya akan omega-3.

Maka karena penyebabnya juga berkaitan dengan gaya hidup, laman ners.unair dalam artikel berjudul “Asam Urat di Usia Muda” menyebutkan, asam urat dapat diderita oleh orang dengan usia muda jika tidak mengatur pola makan dan merasa bebas untuk mencoba banyak hal.

Bagaimana cara mengobati asam urat pada usia muda?

Laman Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes menjelaskan, pengobatan penyakit asam urat adalah dengan mengonsumsi obat asam urat. Jumlah pemberian obat ini bergantung pada tingkat keparahan penyakit yang diderita.

BACA JUGA: Syarat dan Cara Konsultasi ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan

Ada beberapa rekomendasi obat asam urat alami yang cukup menarik untuk anak muda, seperti konsumsi jus ceri, jahe, cuka sari, jus lemon dan kunyit dan seledri ataupun biji seledri. 

Kini banyak influencer makanan yang kerap membagikan tips untuk mengolah makanan sehat agar menjadi lebih menyenangkan saat dikonsumsi. Beberapa bahan alami tadi bisa digunakan dengan cara-cara tersebut.

Namun, perubahan gaya hidup juga diperlukan. Tidak hanya untuk mencegah penyakit ini timbul, perubahan gaya hidup juga bisa mengurangi gejala yang timbul ketika sudah kadung terserang penyakit asam urat.

Perubahan gaya hidup yang dimaksud meliputi:

Mengurangi asupan alkohol

Meskipun masih dalam usia muda, tetapi alkohol dapat memicu banyak penyakit.

Menurunkan berat badan

Salah satu cara mengobati asam urat adalah dengan menurunkan berat badan.

Berhenti merokok

Sama seperti alkohol, merokok juga menimbulkan sejumlah masalh kesehatan yang merugikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tiga Kader PKS Masuk Bursa Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement