Advertisement

Asam Lambung Naik? Begini Gejala dan Cara Mengobatinya

Ileny Rizky
Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Asam Lambung Naik? Begini Gejala dan Cara Mengobatinya Ilustrasi perempuan mengalami gejala asam lambung - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Asam lambung naik (Reflux asam) terjadi ketika otot sfingter yang berada di ujung kerongkongan tidak dapat bekerja seperti biasanya. Inilah yang akhirnya dapat menyebabkan maag.

Dilansir Healthline, Jumat (2/12/2022), saat asam lambung naik,  gejala penyakit yakni merasakan pahit pada bagian belakang mulut. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan terjadinya regurgitasi makanan.

Advertisement

Perlu diketahui, regurgitasi merupakan sebuah kondisi ketika campuran antara gastric juice (getah perut) dan makanan yang belum dicerna kembali ke kerongkongan dan masuk ke mulut. 

Ini cara mengobati dan mencegah asam lambung:

1. Longgarkan pakaian

Pernah mendengar jika pakaian yang ketat menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung? Hal ini ternyata menjadi sebuah fakta atau kebenaran. Pasalnya, terdapat studi yang menunjukkan bahwa mengenakan pakaian ketat di sekitar pinggang dapat memberi tekanan pada perut dan sphincter esofagus di bagian bawah. Inilah yang kemudian menyebabkan makanan dan asam kembali bergerak ke kerongkongan.

2. Minum air mineral

Segeralah untuk meminum air mineral ketika sedang terserang asam lambung. Perbanyak meminum air mineral ketika mengalami refluks asam dapat membantu menghilangkan asam yang dapat mengiritasi kerongkongan.

3. Mengunyah permen karet

Melansir Healthline, dikatakan bahwa terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan jika mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan keasaman di kerongkongan.

Selain itu, dengan mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur, ini membantu membersihkan kerongkongan dari asam.

4. Minum jahe

Jika sedang terserang asam lambung, minum jahe dapat dijadikan sebagai pilihan untuk membantu mengurangi rasa sakit tersebut  Sebab, jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang berkhasiat untuk membantu mengurangi produksi asam lambung berlebih, melancarkan pencernaan, dan menghentikan rasa mulas.

5. Minum air hangat

Air hangat diyakini dapat membantu meredakan ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat naiknya asam lambung.

Disarankan untuk meminum air hangat secara perlahan. Sebab, meminum dengan terburu-buru justru akan memperburuk gejala asam lambung.

6. Minum teh herbal

Selain air jahe, teh herbal (camomile) juga dapat membantu meringankan rasa sakit akibat asam lambung naik. Sebuah studi menyimpulkan bahwa teh ini dapat membantu menghasilkan lapisan selaput lendir yang lebih tinggi pada esofagus bagian dalam.

Hal ini sangat efektif untuk mencegah asam lambung yang khawatir akan memberikan kerusakan yang parah.

7. Konsumsi obat maag

Obat maag (Antacid) dapat menetralkan asam lambung. Cara ini menjadi pilihan yang paling efektif dalam meredakan refluks asam.

8. Posisikan dada lebih tinggi dari perut

Saat mengalami asam lambung naik hindari berbaring  dengan kondisi tubuh yang sejajar. Disarankan untuk mengatur posisi dada ke atas, lebih tinggi dari perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masuk Jalur Cepat Ring Road Utara, Mahasiswa Meninggal Dunia setelah Tabrak Bokong Truk

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement