Advertisement

Tampil dengan Batik, Bukan Berarti Kuno: Ini Caranya Biar Terlihat Modern

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 26 Maret 2019 - 06:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
 Tampil dengan Batik, Bukan Berarti Kuno: Ini Caranya Biar Terlihat Modern Ilustrasi-Perajin membentuk logam menjadi pola pada kerajinan cap batik di Meteseh, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (8/1/2019). - ANTARA/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kendati terkesan tradisional, berpenampilan dengan pakaian batik tetap bisa tampil modern dan lebih segar. Tidak selamanya batik selalu memancarkan aura kuno dan formal lho. 

Founder sekaligus desainer Batik Kultur Dea Valensia mengatakan untuk tampilan yang lebih muda, hindari motif batik yang terlalu penuh. Salah satu cara yang dilakukan oleh Dea misalnya, meletakan motif batik hanya sebagai aksen kecil.

Advertisement

"Tergantung occassion, tapi kalau tidak diharuskan mengenakan baju berkerah atau lengan panjang, bisa diakali dengan cutting leher atau off shoulder pasti terlihat lebih santai,” kata Dea.

Misalnya saja potongan pinggang yang pasa badan juga dapat membuat pemakainya lebih tampak muda. Pasalnya, tampilan yang lebih muda dapat dicapai dengan mencoba gaya yang lebih ramping. Untuk memberikan kesan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambah aksen tali.

Potongan pinggang yang pas badan juga akan membuat pemakainya tampak lebih muda. Sebab, seringkali tampilan muda dapat dicapai dengan mencoba gaya yang lebih ramping.

"Orang kan biasanya mencoba untuk mendapatkan tampilan pinggang yang lebih ramping," kata perempuan yang mengawali pemasaran produknya lewat media sosial itu.

Pada kesempatan yang sama, pengusaha muda Dita Soedarjo menambahkan, cara paling sederhana untuk mengenakan batik agar tampak modern memadukan dengan celana jeans. Sedangkan untuk menambah kesan kasual, Anda dapat dipadukan dengan sepatu dengan hak tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement