Sembelit? Konsumsi Saja Kolang-Kaling

Ilustrasi sakit perut karena diare. (therenegadepharmacist.com)
29 Mei 2019 10:47 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Saat Ramadan tiba, kolang-kaling menjadi salah satu buah primadona. Biasanya, buah ini diolah sebagai bahan campuran kolak maupun es buah.

Nutrisi yang tekandung di dalam kolang-kaling membantu menjaga kesehatan tubuh selama puasa. Meski dianggap sebagai makanan ringan, kolang-kaling ternyata mengandung karbohidrat yang cepat diserap tubuh. Tak ayal, kolang-kaling menjadi salah satu makanan yang sering disantap saat berbuka puasa.

Mau tahu apa saja manfaat kolang-kaling? Simak ulasan yang dihimpun dari Life Strong, Selasa (28/652019) di bawah ini:

Mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam kolang-kaling mampu melancarkan sistem pencernaan. Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin, mulai dari A, B, dan C. Selain itu, kolang-kaling juga kayamineral yang diperlukan tubuh, seperti protein, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Meredakan nyeri sendi

Kolang-kaling mengandung zat galaktomanan yang kerap dipakai sebagai bahan dasar obat nyeri sendi. Jika mengalami keluhan pada sendi, cobalah untuk mengonsumsi kolang-kaling rebus tanpa tambahan gula secara teratur setiap hari.

Mencegah osteoporis

Kalsium pada kolang-kaling berperan penting menjaga kesehatan tulang. Jadi, rajin mengonsumsi kolang-kaling mampu menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Sumber : Solopos.com