8 Hal Ini Penting Agar Tak Sakit Usai Lebaran

Ilustrasi minum air putih (Pictagram)
09 Juni 2019 14:27 WIB Asteria Desi Kartika Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Berbagai aktivitas menyambut Lebaran membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalaninya. Tak ayal  pemudik harus waspada dan tetap melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit pasca-Lebaran.

Akademisi dan Praktisi Klinis Ari Fahrial Syam mengatakan agar pasca-Lebaran dapat kembali segar maka tetap perlu untuk membatasi makan yang terlalu asin dan manis.

Dia mengimbau untuk lebih banyak minum, apalagi Lebaran kali ini diiringi dengan kondisi kemarau.

“Kurangi minuman yang dingin dan goreng-gorengan yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita. Sehingga pada saat harus beraktivitas kembali pasca-Lebaran tetap berada dalam keadaan sehat walafiat,” jelasnya, Rabu (5/6/2019).

Untuk mengantisipasi penyakit pasca-Lebaran, Ari yang berprofesi sebagai dokter penyakit dalam itu memberikan delapan tips, sehingga badan tetap bugar dan dapat beraktivitas kembali:

1. Banyak minum, paling tidak lebih dari 2 liter per harinya.

2. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3. Tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak.

4. Hindari camilan yang mengandung coklat,keju dan berlemak. Pasalnya l emak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat.

5. Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja, jika merasa camilan (kue lebaran) dikonsumsi lebih banyak kurangi nasi saat makan besar.

6. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.

7. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan lima servings saat makan pagi,siang dan malam dan di sela-sela makan tersebut.

8. Usahakan tidur minimal 6 jam, sehingga tubuh dan pikiran dapat kembali segar.

Sumber : solopos.com