Advertisement

Begini Cara Menciptakan Kebahagiaan dalam Hidup Sehari-Hari

Tika Anggreni Purba
Minggu, 23 Juni 2019 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Menciptakan Kebahagiaan dalam Hidup Sehari-Hari Ilustrasi - Testube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa banyak orang menginginkan formula tepat untuk mencapai tujuan kebahagiaan.

Untuk mencapai hakikat kebahagiaan sejatinya Anda perlu memikirkan ulang definisi kebahagiaan. Apakah kebahagiaan adalah tujuan yang harus Anda raih dengan sekuat tenaga, ataukah kebahagiaan adalah kehidupan sehari-hari yang Anda praktikkan dengan sikap bahagia.

Advertisement

Tidak ada rumus universal untuk mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya, akan tetapi kita semua perlu belajar untuk mempraktikkan kebahagiaan itu hari demi hari.

Berikut ini cara menciptakan kebahagiaan dalam hidup sehari-hari, dikutip dari Psychology Today:

1. Manusia butuh hubungan untuk menikmati kebahagiaan yang optimal

Kebenaran yang paling sederhana yang dibutuhkan manusia adalah menjalin hubungan dengan orang lain. Hubungan yang dimaksud bukan melulu hubungan yang romantis, tetapi juga persahabatan atau pertemanan, atau hubungan lainnya.

2. Menemukan arti dan tujuan hidup

Anda sebaiknya belajar percaya bahwa berkontribusi pada sesuatu di luar diri Anda atau melakukan sesuatu yang lebih besar dari keberadaan Anda akan memberikan kepuasaan dan kebahagiaan bagi Anda. 

3. Mengakui pencapaian diri sendiri dan orang lain

Jika Anda bekerja keras dan mencapai sesuatu, akuilah kesuksesan Anda itu dengan rasa syukur. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Justru sebaliknya pengalaman dan respons Anda terhadap pengalaman itu akan memberikan kontribusi positif bagi Anda.Belajarlah puas terhadap diri sendiri. 

4. Pentingnya bersikap baik

Otak manusia terdesain sehingga kita merasakan sukacita ketika berperilaku baik. Bahkan hanya dengan berencana melakukan sesuatu yang baik pada orang lain, akan menghasilkan rasa puas dan sejahtera.

5. Jadikan kebahagiaan sebagai praktik

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang kebahagiaan  adalah keyakinan bahwa kebahagiaan adalah tujuan atau bahwa kebahagiaan bisa dibeli. Tetapi, perlu disadari kebahagiaan adalah perjalanan kita melalui hidup dan pengalaman kita yang benar-benar akan menghasilkan perasaan puas dengan hidup kita.

6. Memilih gaya hidup sehat berdasarkan kebutuhan dasar

Silakan lakukan olahraga teratur, makan dengan nutrisi yang sehat, tidur cukup setiap hari. Gaya hidup sehat akan memengaruhi hidup Anda, mulai dari kesehatan fisik dan juga mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement