Advertisement

Begini Pola Asuh Anak di Era Digital

Eva Rianti
Sabtu, 29 Juni 2019 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Pola Asuh Anak di Era Digital Ilustrasi - Webmd

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Orang tua di era digital cenderung menginginkan untuk bisa membesarkan anak secara instan, tanpa memberikan pendampingan dan waktu yang banyak serta efektif. Hal tersebut disampaikan ahli Parenting Novita Tandry.

Padahal, tidak ada jalan pintas dalam membesarkan anak. Bahwa sebenarnya anak sangat membutuhkan peranan orang tua dalam setiap tumbuh kembangnya. Anak diibaratkan sebagai pohon kering, sementara orang tua seperti air.

Advertisement

“Anak itu diisi oleh siapa yang hadir di dalam hidupnya. Ini yang akan membentuk karakter dan kepribadian anak, termasuk minat dan bakat,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Untuk menemukan minat dan bakat anak guna mempersiapkan masa depan yang cerah di era perkembangan teknologi, orang tua perlu mengisi anak sejak dini dengan semua aspek tumbuh kembangnya, mulai dari aspek kognitif, kinestetik, emosional, hingga kecerdasan spiritual.  

Kecerdasan-kecerdasan tersebut bisa menciptakan kesehatan mental yang sangat diperlukan bagi anak pada era teknologi. Dengan kesehatan mental yang terjaga, anak, terutama generasi alpha (lahir tahun 2000-an) bisa memiliki daya juang yang tinggi.

“Karakter inilah yang nantinya akan membuat anak bisa menjadi orang sukses di masa depan,” jelasnya.

Novita juga mengatakan, untuk memiliki ragam kecerdasan tersebut, anak akan belajar banyak dari orang tua jika yang mengisi kehidupannya adalah orang tua mereka sendiri. Orang tua akan menjadi teladan bagi anak karena anak adalah peniru yang ulung.

“Kita [orang tua] enggak akan bisa memberikan apa yang enggak kita punya. Jika mengajarkan anak tentang daya juang, kita juga harus memiliki daya juang yang tinggi. Menjadi orang tua adalah pekerjaan paling sulit. Orang tua mengeja kata cinta bukan dengan cinta, tetapi waktu. Mereka [anak-anak] butuh waktu, butuh contohmu,” terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement