Serba-Serbi Plank: 10 Detik Sangat Berharga untuk Perut Rata dan Kuat

Latihan fisik atau gerakan plank dengan siku, dapat membantu mencegah perut buncit. - Shutterstock
05 Agustus 2019 17:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Anda yang ingin membentuk otot perut menjadi kuat dan rata, kini ada cara untuk mewujudkannya, yaitu dengan plank.

Saat ini, berlatih plank sedang menjadi tren masyarakat karena konsepnya cukup sederhana. Anda menahan tubuh dalam posisi push-up dalam jangka waktu tertentu untuk mengencangkan otot perut, otot pinggul dan hamstring.

Untuk memaksimalkan hasilnya, Albert Matheny , RD, CSCS, salah satu pendiri SoHo Strength Lab dan penasihat untuk Promix Nutrition, mengatakan Anda dapat melakukan plank setiap hari. Tetapi lamanya waktu Anda menahan plank dapat bervariasi, dari 10 detik hingga satu menit.

"Membuat bentuk yang sempurna adalah tujuan, lakukan saja selama Anda bisa mempertahankannya," kata Matheny, melansir Womens Health Magazine.

Sebagai pedoman umum, Doug Sklar, pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri PhilanthroFIT di New York City, merekomendasikan upaya untuk melakukan tiga set hingga 60 detik.

"Tidak apa-apa untuk memulai dengan set yang lebih pendek dan bekerja hingga 60 detik," katanya.

Jika Anda lebih menyukai sesi yang lebih pendek, ia menyarankan melakukan plank selama 10 detik, beristirahat selama lima hingga 10 detik, kemudian kembali melakukannya selama 10 detik, dan mengulangi selama tiga hingga enam set.

Sklar menganjurkan untuk Anda tidak memaksakan diri untuk melakukannya dalam waktu lama jika tidak siap.

“Memaksa diri untuk melakukan plank untuk jumlah waktu yang berlebihan dapat menempatkan banyak ketegangan pada punggung bawah Anda,” ujar Sklar.

Jadi, lakukan plank kapan pun Anda bisa dan lakukan selama Anda dapat menahannya, hingga bisa melakukannya hingga satu menit.

“Saat kelelahan mulai terjadi, punggung bagian bawah mungkin mulai melengkung. Di sinilah Anda menempatkan diri Anda pada risiko cedera," sambungnya.

"Ketika dilakukan dengan benar, papan dapat membantu memperkuat hampir seluruh tubuh Anda," tandas Sklar.

Sumber : Suara.com/Womens Health Magazine