10 Hal Ini yang Bikin Kamu Kelihatan Tua dari Usiamu

Foto Ilustrasi. - Istimewa/Shutterstock
02 September 2019 15:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Penuaan dini tak hanya terkait kerutan wajah. Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tampak lebih tua.

Pernahkan Anda melihat seseorang yang memiliki penampilan lebih tua dari usianya? Ada banyak hal yang membuat seseorang tampak lebih tua dibandingkan usianya. Dan secara tak disadari, bisa jadi hal ini juga terjadi pada Anda.

Seorang dermatologis, kosmetologis, dan sekaligus pendiri perusahaan produk kecantikan, Tiina Orasmae, berbicara tentang serangkaian tanda yang biasa dilihat oleh orang lain untuk menentukan usia seseorang. Ini dia, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Warna kulit yang tidak rata
Bintik-bintik pigmen adalah distribusi melanin yang tidak merata dalam sel-sel kulit yang membuat beberapa bagian wajah terlihat lebih gelap daripada yang lain. Warna kulit yang tidak rata membuat orang akan terlihat lebih tua. Sebaliknya, warna kulit merata akan membuat Anda terlihat jauh lebih muda.

2. Volume wajah berkurang
Salah satu keuntungaan punya pipi chubby adalah, Anda akan terlihat lebih awet muda. Saat muda, bagian-bagian wajah seperti tulang pipi, bibir, dan dagu biasanya lebih menonjol. Tulang pipi lebih tinggi, bibir lebih penuh, dan dagu yang memiliki garis-garis yang lebih jelas. Ketika volume wajah mulai berkurang, yang bisa Anda lakukan agar bagian-bagian wajah tersebut lebih bervolume adalah dengan menggunakan highlighter.

3. Ukuran mata mengecil
Bedakan dengan mata sipit. Seiring bertambahnya usia seseorang, panjang kelopak mata atas akan meningkat yang pada akhirnya menutupi tepi atas mata dan membuat ukuran mata mengecil.

4. Garis wajah tidak jelas
Karena elastisitas yang menurun, kulit menjadi lebih tipis dan melebar. Akibatnya, Anda kehilangan garis wajah yang jelas dan tegas.

5. Ukuran telinga dan hidung yang lebih besar
Semakin besar ukuran telinga dan hidung, Anda akan terlihat lebih tua. Ini karena telinga dan hidung adalah beberapa dari beberapa bagian tubuh yang terus tumbuh sepanjang hidup kita. Jadi, saat ukuran hidung besar dan telinga semakin besar seiring dengan pertambahan usia, Anda bisa terlihat lebih tua.

6. Gerakan lamban
Kita akan berpikir bahwa mereka yang lincah masih berusia muda, dan mereka yang lamban identik dengan tua. Tapi memang benar, semakin lincah Anda bergerak, semakin muda penampilan Anda.

7. Baju dan gaya yang ketinggalan zaman
Pakaian apapun, yang sudah ketinggalan zaman, akan membuat penampilan Anda tampak lebih tua. Anda mungkin bisa menyebutkan sebagai gaya retro, tapi tetap saja akan membuat orang yang memakainya terlihat lebih tua. Nah, solusinya, Anda bisa memadukan beberapa pakaian bergaya retro dengan pakaian trendi untuk menciptakan penampilan yang lebih muda.

8. Potongan dan gaya rambut kuno
Tidak hanya mengacu pada pakaian, potongan dan gaya rambut yang kuno juga bisa membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Begitu juga dengan gaya Anda menata rambut. Rambut panjang lurus tak akan terlihat kuno selama Anda bisa menatanya dengan rapi.

9. Gerakan wajah tertentu
Mengernyitkan dahi, menyatukan alis, dan sebagainya, adalah ekspresi wajah yang membuat seseorang tampak lebih tua ketika melakukannya,

10. Postur tubuh bungkuk
Saat Anda memasuki ruangan atau berjalan, cobalah tegakkan tubuh, atau lihatlah ke arah langit-langit dan bukan ke arah lantai. Ini akan membuat Anda lebih muda, karena Anda terlihat berenergi dengan postur yang tegak. Punggung yang condong ke depan dengan bahu rendah akan membuat Anda terlihat tua karena orang tua tidak memiliki kekuatan otot yang cukup untuk mempertahankan postur yang benar.

Sumber : Suara.com