Jika Anda Mengalami Tanda-Tanda Ini, Artinya Gaji Tidak Cukup untuk Menjamin Masa Pensiun?

Dana pensiun - Istimewa
14 November 2019 09:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda punya gaji bulanan namun tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Atau juga setiap bulannya Anda menanti gaji tapi ketika muncul justru langsung habis membayar tagihan? Jika kondisi ini terjadi, sudah saatnya Anda mengatur kembali keuangan Anda setiap bulannya.

Sudah saatnya juga Anda mulai memikirkan tabungan untuk masa depan Anda. Karena jika saat Anda masih bekerja saja gaji tidak pernah bisa mencukupi kebutuhan, bagaimana Anda hidup ketika sudah tidak menerima gaji lagi?

Menabung adalah alokasi penting yang harus dilakukan secara rutin untuk menyiapkan masa pensiun yang nyaman dan tidak lagi kekurangan. Apakah Anda termasuk orang yang mempersiapkan masa pensiun Anda atau tidak. Berikut ini adalah tanda jika gaji Anda tidak mencukupi untuk menjamin masa pensiun Anda :

1) Anda kehabisan uang bahkan sebelum akhir bulan

Belum saatnya gaji Anda dibayarkan, namun Anda sudah kehabisan uang. Hidup Anda seperti gali lobang tutup lobang setiap bulannya. Jangankan untuk menabung, untuk keseharian Anda pun selalu kekurangan sehingga tidak ada alokasi untuk menyimpan demi masa pensiun Anda.

2) Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan

Jika pengeluaran Anda selalu lebih besar daripada pendapatan, coba koreksi kembali gaya hidup Anda. Prioritaskan pengeluaran Anda dalam 3 langkah. Pertama, bayar semua hutang. Kedua, hitung penghasilan bulanan Anda dan sisihkan uang untuk kebutuhan dasar seperti menyewa atau membeli barang-barang rumah tangga. Dan ketiga, selalu simpan sebagian dan investasikan agar Anda bisa membelanjakan saat Anda paling membutuhkannya.

3) Anda tidak memiliki dana darurat

Idealnya, seseorang harus memiliki gaji 3 bulan disisihkan untuk situasi yang tidak terduga, seperti kehilangan pekerjaan karena likuidasi perusahaan atau keadaan darurat medis yang tidak menguntungkan. Jadi apa yang saya lakukan? Ubahlah keadaan darurat menjadi peluang untuk mengatakan "Saya mendapatkan ini". Investasikan sebagian kecil dari tabungan Anda dalam rencana perlindungan yang baik.

4) Anda tidak memiliki investasi apa pun

Jika Anda tidak memiliki investasi apapun, sudah saatnya sekarang memikirkannya dengan serius. Jika Anda berencana untuk mulai menabung, lakukan penggalian dan cari tahu rencana investasi apa yang benar-benar sesuai dengan gaya Anda.

Anda dapat berinvestasi sesuai tujuan dan selera risiko Anda. Selain itu, Anda juga dapat meminta saran dari kolega Anda.

5) Anda terus meminjam uang

Jika Anda termasuk dalam kategori ini, saatnya untuk menjalani kehidupan dengan persyaratan Anda, bukan orang lain. Ada berbagai instrumen keuangan di pasar yang memungkinkan investasi sesuai dengan anggaran Anda. Setelah Anda menghapus hutang, Anda dapat membangun investasi Anda sendiri dan mungkin membangun warisan Anda sendiri juga.

6) Anda tidak memiliki dana untuk liburan atau biaya yang lebih besar

Anda sama sekali tidak pernah berlibur bahkan hanya sekali dalam setahun. Uang Anda hanya dihabiskan untuk kebutuhan primer seperti makan, transportasi dan lainnya. Liburan adalah hal yang penting untuk merefresh pikiran Anda.

7) Menabung jika hanya punya kelebihan anggaran

Jika Anda yakin tidak punya cukup uang untuk ditabung, Anda salah. Prioritaskan menabung sebelum mengalokasikan gaji Anda untuk kebutuhan lainnya. Idealnya menabung itu minimal 20 persen dari pendapatan Anda setiap bulannya.

Sumber : Bisnis.com/Boldsky.com