Advertisement

Rutin Minum Kopi Bisa Membantu Cegah Kanker Hati

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 November 2019 - 15:17 WIB
Nina Atmasari
Rutin Minum Kopi Bisa Membantu Cegah Kanker Hati Seorang wanita sedang menikmati secangkir kopi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang telah memiliki kebiasaan minum kopi. Menurut penelitian rutin meminum kopi bisa menekan risiko terkena kanker hati.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Queen's University Belfast, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dari jenis kanker hati yang paling umum, hepatocellular carcinoma (HCC).

Advertisement

Dengan mudah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, kopi telah terbukti membantu kesehatan Anda. Dari menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan diabetes tipe 2 hingga melindungi Anda dari risiko penyakit Parkinson dan jantung, manfaat kesehatan dari minum kopi banyak. Dengan penelitian yang dilakukan secara teratur untuk memohon berbagai manfaat yang dapat diberikan secangkir Joe kepada Anda, perlindungan terhadap kanker hati adalah penemuan terbaru.

Mencakup lebih dari 7,5 tahun, studi ini meneliti kebiasaan minum kopi dari 471.779 peserta. Jumlah responden yang termasuk dalam penelitian ini telah membuatnya menjadi salah satu studi terbesar individu paruh baya di dunia [2].

Temuan penelitian menunjukkan bahwa, individu yang secara teratur minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena karsinoma hepatoseluler, bentuk paling umum dari kanker hati. Studi ini membandingkan peminum kopi reguler dan peminum non-kopi dan membandingkan terjadinya kanker pencernaan.

Dari 471.779 peserta, tiga perempat melaporkan minum kopi. Beberapa faktor yang dipertimbangkan untuk penelitian ini adalah, jika responden adalah perokok sebelumnya atau saat ini, mengkonsumsi alkohol dalam kadar yang lebih tinggi atau memiliki kolesterol tinggi.

Para peneliti membandingkan berbagai jenis kopi dan hubungannya dengan menurunkan risiko pengembangan kanker hati. Pada pemeriksaan, ditemukan bahwa risiko HCC sama rendahnya pada orang yang minum kebanyakan kopi instan [3].

Rekan penulis penelitian ini, Dr Dr Mcna McMenamin mengatakan, "Ini adalah salah satu studi pertama yang menyelidiki risiko kanker pencernaan menurut berbagai jenis kopi dan kami menemukan bahwa risiko HCC sama rendahnya pada orang yang kebanyakan minum kopi instan, jenis yang paling sering diminum di Inggris ", menunjukkan perlunya melakukan penelitian lebih lanjut.

Peminum kopi cenderung memiliki kondisi kronis seperti diabetes, sirosis, batu empedu, dan tukak lambung bila dibandingkan dengan peminum non-kopi.
Risiko Kanker Hati Mengurangi Setengah, Mungkin Karena Antioksidan

Para peneliti mampu mengumpulkan pemahaman bahwa peminum kopi 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kanker hati dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Dampak kopi pada pencegahan timbulnya kanker hati adalah karena kopi mengandung antioksidan dan kafein, yang dapat melindungi terhadap kanker

Demikian juga, temuan penelitian saat ini sejalan dengan bukti dari laporan World Cancer Research Fund yang menyimpulkan bahwa ada bukti 'kemungkinan' yang menunjukkan bahwa minum kopi menurunkan risiko kanker hati

Para peneliti juga menyelidiki kanker pencernaan lainnya, seperti usus dan lambung, tetapi tidak menemukan hubungan yang konsisten dengan minum kopi. Studi ini juga menegaskan bahwa, meskipun dapat mengurangi risiko mengembangkan kanker hati, minum kopi tidak begitu melindungi terhadap kanker hati seperti berhenti merokok, mengurangi alkohol atau menurunkan berat badan.

Karena itu, minum kopi setiap hari saja tidak akan membantu Anda terkena kanker hati. Mempertahankan berat badan yang sehat, makan makanan seimbang, olahraga teratur, mengurangi konsumsi alkohol, menghindari obat-obatan terlarang, vaksinasi yang tepat, dan hubungan seks yang aman adalah beberapa cara yang melaluinya Anda dapat melindungi kesehatan hati Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Boldsky

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement