Advertisement

Musim Hujan Jangan Terlalu Sering Mandi Pakai Air Panas, Ini Penyebabnya

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 10 Januari 2020 - 09:57 WIB
Nina Atmasari
Musim Hujan Jangan Terlalu Sering Mandi Pakai Air Panas, Ini Penyebabnya Kulit kering - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA  - Musim hujan sudah tiba. Di musim ini, kulit umumnya akan terasa lebih kering, karenanya perlu rutin melembabkannya agar tidak terjadi dehidrasi kulit.

Kulit yang gatal, bercak-bercak, dan mengelupas serta bibir yang pecah adalah hal yang biasa selama musim dingin dan musim hujan.

Advertisement

Ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu Anda ambil agar hal tersebut tidak terjadi. Juga, beberapa penyesuaian perlu Anda lakukan untuk rutinitas perawatan kulit musim panas Anda untuk menikmati kulit yang sehat, lembab, dan kenyal selama musim hujan ini.

Berikut tipsnya menurut Boldsky.com :

1. Jangan mandi air panas

Air panas mengupaskan kelembaban kulit dan mengganggu keseimbangan pH kulit. Ini merusak lapisan atas kulit dan membuat kulit Anda kering. Jadi, lebih baik tetap menggunakan air hangat untuk mandi.

2. Eksfoliasi bibir

Bibir Bibir pecah-pecah dan kering bukanlah hal yang aneh saat musim dingin. Anda perlu mengelupas bibir Anda untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan agar lip balm bekerja dengan baik.

3. Pakai body lotion dan lotion wajah

Body lotion dan pelembab wajah mungkin menjadi hal opsional untuk Anda selama musim panas, tetapi mereka menjadi kebutuhan di musim dingin. Dan lotion tubuh ringan yang bekerja untuk Anda di musim panas tidak akan bekerja seefisien sekarang. Jadi, gunakan formula yang lebih tebal dan lebih berat untuk menjaga kulit Anda bergizi dan lembab.

4. Pakai tabir surya

SPF terhadap sinar matahari yang berbahaya adalah salah satu alasan utama kulit kering. Dan sinar matahari tetap akan berpengaruh pada kulit Anda meskipun di musim hujan, jadi tetap kenakan tabir surya setiap hari sebelum melangkah keluar.

5.  Hindari pemanas berlebihan

Mengekspos kulit Anda dengan pemanas untuk waktu yang lama menghisap kelembaban kulit Anda dan membuat kulit Anda kusam.

6.  Hindari sabun berbahan keras

Sabun mengandung bahan kimia yang bisa keras bagi kulit. Sabun memiliki SPF lebih tinggi dibandingkan dengan kulit kita dan menggunakan sabun pada kulit dapat mengganggu pH kulit dan dengan demikian merusak kulit Anda. Juga, alkohol yang ada dalam deodoran dan sabun wangi dapat menghilangkan kelembaban kulit dan membuatnya kering. Jadi, gunakan sabun ringan dan organik yang lembut di kulit Anda dan cocok untuk melawan kekeringan musim dingin.

7. Makan dengan Benar

Pola makan kita memiliki peran besar dalam kesehatan kulit. Minum banyak air, makan buah-buahan dan sayuran musiman yang sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan kulit dan tubuh Anda serta merawat kulit tidak akan menjadi tugas besar seperti yang terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement