Advertisement

Ini Bahayanya Minum Kopi Saat Perut Kosong

Newswire
Sabtu, 18 Januari 2020 - 11:47 WIB
Nina Atmasari
Ini Bahayanya Minum Kopi Saat Perut Kosong Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Banyak orang punya kebiasaan minum kopi saat memulai hari. Menurut situs Healthline, selain membuatmu cepat terjaga, kopi juga bisa meningkatkan mood dan fungsi otak, bisa membantu menurunkan berat dan badan, dan mungkin juga bisa melindungi tubuh dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan Alzheimer's.

Namun apakah baik untuk segera minum segelas kopi saat bangun tidur atau saat perut masih kosong? Di balik semua manfaat itu, ada beberapa dampak kesehatan yang mengintai jika kamu melakukannya.

Kopi, baik yang mengandung kafein maupun tidak, bisa mendorong produksi asam lambung hingga berlebihan. Jika tak ada makanan di dalam perutmu, tidak ada sesuatu yang bisa dicerna oleh asam lambung dan malah bisa bergerak menuju dinding perutmu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Kopi yang diminum saat perut kosong dapat memperbesar efek stimulan karena tidak ada yang bisa membantu penyerapannya. Aksi keasaman ini bisa menyebabkan kamu mengalami mulas parah dan gangguan pencernaan," kata psikolog klinis Dr Jamie Long, dikutip dari The List.

Menambahkan, Dr Nikola Djordjevic, MD juga menyebut sariawan usus juga bisa terjadi. Meminum kopi saat perut kosong juga bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, lanjutnya, karena sejak kita membuka mata di pagi hari, tubuh melepaskan kortisol, hormon yang bertanggung jawab mengatur respons imun, metabolisme, dan respons stres.

Dr Djordjevic mengatakan menstimulasi produksi kortisol dengan kafein pada saat sedang melonjak kadarnya malah bisa bikin semakin stres. Faktanya, beberapa ahli menyarankan kamu meminum kopimu di tengah hari sebagai gantinya untuk meningkatkan kewaspadaan tanpa perlu menambah kadar stres.

Tentu saja, tak peduli kapan kamu meminum kopi meskipun sudah dengan mengisi perut, kamu akan tetap berada dalam masalah apabila meminumnya terlalu banyak. Jika kamu mengalami gejala kecemasan, uring-uringan, berdebar, atau gemetaran, mungkin kamu bisa mempertimbangkan setop minum kopi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca Jogja di Hari Terakhir Bulan September 2022

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Kantor Tesla di Jerman Kebakaran selama 5 Jam

News
| Jum'at, 30 September 2022, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement