Advertisement

Khawatir Virus Corona Menyebar Melalui Makanan? Simak Informasi Berikut

Syaiful Millah
Selasa, 30 Juni 2020 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
Khawatir Virus Corona Menyebar Melalui Makanan? Simak Informasi Berikut Ilustrasi bingkisan berisi makanan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Virus Corona benar-benar membuat semua bidang kehidupan terdampak. Baru-baru ini, Kepala Kesehatan Masyarakat di Wales segera mencari 300 pekerja dari sebuah pabrik makanan setelah adanya wabah virus corona di tempat tersebut.

166 kasus baru virus corona telah tercatat di Rowan Foods di Wrexam, yang memiliki lebih dari 1.000 orang pekerja di lokasi yang membuat makanan untuk sejumlah supermarket di Inggris.

Advertisement

Dalam sebuah pernyataan, Public Health Wales mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Dewan Kesehatan Betsi Cadwaladr University Health Board untuk menghubungi lebih dari 300 pekerja lain.

Baca juga: Radiasi Ponsel Berbahaya Bagi Kesehatan, Haruskah Ibu Hamil Batasi Pakai Gadget?

“Seperti yang kami harapkan dengan proses pelacakan dan penelurusan yang terfokus, kami akan mengidentifikasi kasus asimptomatik tambahan,” kata Public Heath Wales seperti dikutip Metro UK, Selasa (30/6).

Dengan adanya kasus pekerja makanan terinfeksi Covid-19, apakah mungkin virus corona menyebar melalui makanan dan apakah masyarakat harus khawatir untuk berbelanja di luar rumah saat ini?

Mengenai hal ini, berbagai organisasi dan lembaga kesehatan telah menyatakan bahwa virus corona baru tidak dapat menyebar melalui makanan. World Health Organization juga mengatakan tidak mungkin orang dapat terinfeksi dari makanan atau kemasan makanan.

Baca juga: Gejala Baru Virus Corona: Sensitif Terhadap Cahaya

“Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan rute penularan utamanya adalah melalui kontak orang ke orang, dan melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin,” kata pernyataan WHO.

“Tidak ada bukti terkini tentang virus yang menyebabkan penyakit pernapasan ditularkan melalui makanan atau kemasannya. Virus corona ini tidak dapat berkembang biak dalam makanan. Mereka membutuhkan hewan atau inang manusia untuk berkembang biak,” imbuh WHO.

Selain itu, European Food Safety Authority (EFSA) menyatakan hal serupa, bahwa hingga kini belum ada bukti bahwa makanan merupakan sumber virus corona dan sangat tidak mungkin dapat ditularkan melalui konsumsi makanan.

Dengan begitu banyak kekhawatiran yang masih meliputi, opsi membawa pulang makanan (takeaway) adalah salah satu cara untuk menghindari risiko penularan penyakit. Sebagian besar sumber menyebut hal itu aman untuk dilakukan.

Kendati begitu, Bill Keevil, Profesor Kesehatan Lingkungan dari University of Southampton mengatakan bahwa tetap penting untuk mewaspadai semua kontak yang terjadi ketika makanan dibuat dan dikirimkan ke rumah.

“Idealnya, staf harus mengenakan sarung tangan, mencuci tangan, dan tidak diperbolehkan bekerja ketika menunjukkan gejala. Selama staf melakukan langkah keselamatan yang tepat, tampaknya memilih takeaway dianggap berisiko lebih rendah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement