Sederhana tapi Penting, Ini 3 Kunci Tubuh Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
10 Agustus 2020 06:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap orang ingin tubuhnya sehat dan terhindar dari penyakit. Padahal kuncinya hanya terletak pada tiga hal yang harus Anda lakukan dengan konsisten, yakni makan dengan benar, berolahraga, dan tidur yang cukup.

Melansir dari CNN, berikut adalah cara mudah tetap sehat dan terhidar dari penyakit, antara lain:

Rutin Olahraga

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), melakukan banyak aktivitas bisa meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak, Hindari Melakukan 10 Kebiasaan Ini

Orang yang aktif secara fisik selama sekitar 150 menit dalam seminggu memiliki risiko 33 persen lebih rendah mengalami kematian dini dibandingkan mereka yang tidak aktif secara fisik.

Bahkan olahraga ringan seperti berjalanpun telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif, membantu Anda mengontrol berat badan, mengurangi risiko penyakit, serta memperkuat tulang dan otot.

Makan Makanan Sehat

Pola makan akan sangat berpengaruh pada berbagai risiko penyakit kronis. Dalam hal ini, para ahli merekomendasikan pola makan ala mediterania.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjual Barang Bekas agar Cepat Laku

Dalam pola makan ini, maka makanan yang bisa Anda konsumsi adalah berbagai macam buah-buahan, biji-bijian, hingga kacang-kacanga. Anda juga disarankan untuk makan sayuran berwarna.

Selain itu, perlu diingat bahwa Anda juga harus mengurangi makanan seperti daging merah, gula, dan lemak jenuh.

Pola makan tersebut dianggap mampu mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, stroke, demensia, depresi, hingga kanker payudara.

Tidur Cukup

Masih dilansir dari CNN, seseorang perlu tidur setidaknya 7 hingga 10 jam per hari. Kurang tidur terkait dengan meningkatnya risiko tekanan darah tinggi, melemahnya sistem kekebalan, penambahan berat badan, kurangnya libido, perubahan suasana hati, paranoia, depresi, diabetes, penyakit kardiovaskular, demensia, dan beberapa jenis kanker.

Dalam sebuah studi longitudinal terhadap 10.308 pegawai sipil Inggris menemukan bahwa mereka yang tidur hanya sekitar lima jam setiap malam hampir dua kali lebih berisiko mengalami kematian dini.

Sumber : Suara.com