Advertisement

Bau Badan Bikin Tidak Percaya Diri? Cobalah Atasi dengan 5 Cara Berikut

Newswire
Minggu, 23 Agustus 2020 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Bau Badan Bikin Tidak Percaya Diri? Cobalah Atasi dengan 5 Cara Berikut Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Manusia mengeluarkan keringat sebagai bagian dari mekanisme alami tubuh untuk mendinginkan diri dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jadi, jangan pernah takut berkeringat.

Tapi, bagaimana kalau keringat bikin bau badan?

Advertisement

Ya, kondisi ini memang tidak terelakkan pada banyak orang. Dan tentu saja hal ini membuat kita jadi kurang percaya diri.

Baca juga: 4 Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur Siang

Tapi, keringat sesungguhnya tidak berbau. Dilansir dari Mayo Clinic, yang membuat bau badan saat berkeringat adalah bakteri di kulit Anda. Lalu, bagaimana cara supaya keringat tidak bikin bau badan? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan sabun antibakteri

Kalau kamu merasa hari ini akan banyak bergerak dan berkeringat, awali haru dengan mandi sebersih mungkin menggunakan sabun antibakteri. Ini semacam persiapan dan antisipasi agar tak ada bakteri di tubuhmu yang nanti akan bercampur dengan keringat.

2. Keringkan tubuh dengan baik setelah mandi

Bakteri akan sulit berkembang biak di kulit yang kering. Jadi, pastikan usai mandi kamu mengeringkan tubuh dengan seksama. Berikan perhatian lebih pada bagian tubuh yang paling sering berkeringat.

Baca juga: Ini Alasan Mengikuti Meeting Online Bisa Sangat Melelahkan

3. Pastikan kamu memakai pakaian yang bersih

Percuma saja kamu mandi bersih pakai sabun wangi kalau sesudahnya kamu malah mengenakan pakaian yang sudah kamu kenakan dari kemarin karena alasan masih bersih. Padahal, meski tampaknya masih bersih, pakaian yang sudah kamu kenakan itu pastilah sudah terkena keringatmu sebelumnya. Jadi, biasakan selalu memakai pakaian yang bersih setiap harinya, ya.

4. Manfaatkan cuka apel sebelum mandi

Tahu cuka apel? Meski berbau masam, tapi ini ampuh mencegah bau badan, lho. Cobalah cipratkan sedikit cuka apel pada ketiak sebelum mandi. Cuka apel dapat menurunkan level pH kulit sehingga dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di kulitmu.

5. Bawa tisu basah yang mengandung alkohol

Bau badan muncul di tengah-tengah aktivitasmu? Menyemprotkan parfum atau memakai deodoran bukanlah langkah yang bijaksana. Sebaiknya, bersihkan bagian tubuhmu yang berkeringat dengan tisu basah yang mengandung alkohol. Ingat, alkohol bisa membunuh bakteri. Jadi, singkirkan dulu bakteri penyebab bau badannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement