Terbangun dari Tidur saat Tengah Malam, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
07 September 2020 06:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Seringkali ketika tidur, kita tiba-tiba terbangun. Padahal, saat isih tengah malam atau menjelang dini hari. Ada sejumlah orang yang menjadi kurang tidur akibat kebiasaan tersebut.

Padahal tidur adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memiliki beberapa efek jangka panjang lainnya.

Selama ini, orang memahami bahwa orang dewasa membutuhkan durasi tidur selama 8 jam. Tapi, hal terpenting bukanlah lamanya durasi tidur, tetapi jam tidur yang berkualitas baik.

Baca juga: Tak Hanya Istri, Suami Juga Perlu Ikut Pantau Program Hamil

Jadi, durasi tidur 8 jam bukanlah aturan mutlak. Beberapa orang mungkin perlu tidur lebih lama dari 8 jam dan lainnya kurang dari 8 jam.

Jika Anda bangun dengan rasa lelah dan mengantuk di siang hari, Anda mungkin perlu menghitung lamanya Anda tidur setiap malam.

Kurang tidur seringkali bisa menyebabkan kelelahan, emosi pendek dan kurang fokus. Setelah beberapa malam tidak tidur, otak bisa berkabut, membuat kesulitan konsentrasi dan Anda mungkin mulai menyadari kondisi ini memengaruhi kesehatan mental.

Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat Anda rentan terhadap kondisi medis serius, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Baca juga: Raditya Dika Berbagi Tips Kembangkan Branding di Podcast

Jika Anda sering terbangun di malam hati dan terbelalak pada pukul 3 pagi, Anda perlu mengkhawatirkan kebiasaan ini. Karena, itu mungkin tanda yang bisa menyebabkan panggilan bangun tengah malam.

Bila Anda kurang tidur, hanya ada satu cara untuk mengimbanginya, yaitu tidurlah lebih lama. NHS mengatakan hal itu tidak bisa dibayar dalam satu waktu, biasanya Anda butuh beberapa minggu untuk membayar hutang waktu tidur yang terganggu.

"Mulai akhir pekan, cobalan menambah satu atau dua jam ekstra untuk tidur di malam hari. Cara untuk melakukannya adalah pergi tidur ketika lelah dan membiarkan tubuh membangunkan Anda di pagi hari," jelas NHS dikutip dari Express.

Namun, ada beberapa alasan yang membuat seseorang sering terbangun tengah malam dan kesulitan untuk tidur kembali.

1. Kurang gerak

Jika Anda merasa kesulitan tidur di malam hari, mungkin Anda kurang aktif secara fisik. Karena itu, NHS merekomendasikan untuk setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang seminggu atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi seminggu.

2. Bermain ponsel

Penelitian menunjukkan bahwa tak bermain gadget atau laptop setengah jam sebelum tidur bisa membantu Anda tidur nyenyak. Karena, cahaya biru di malam hari menghalangi produksi melatonin dan isinya menstimulasi otak sehingga membuatnya lebih waspada.

3. Terlalu banyak gula

Makan terlalu banyak gula bisa menyebabkan Anda terbangun dari tidur pada pukul 2 hingga 3 pagi. Di sisi lain, gula juga bisa memperburuk kondisi kesehatan. Jadi, kurangi konsumsi gula di malam hari.

4. Kesehatan mental

Jika Anda merasa sedih atau stres, kondisi ini bisa menyebabkan kurang tidur. Jika Anda selalu kesulitan tidur karena memikirkan hari esok, maka cobalah membuat daftar tentang hari esok sebelum tidur agar lebih tenang.

5. Kasur tidak nyaman

Anda harus mengganti kasur setiap 7 sampai 8 tahun pemakaian. Meskipun terkesan berlebihan, tapi kasur bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Sumber : Suara.com