Advertisement

Ini Bahayanya Memaksakan Buang Air Kecil

Newswire
Selasa, 15 September 2020 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Ini Bahayanya Memaksakan Buang Air Kecil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Buang air kecil atau kencing adalah sesuatu yang seharusnya datang secara alami saat panggilan alam. Banyak orang mungkin telah tahu bahwa menahan buang air kecil atau kencing tidak baik untuk kesehatan.

Tetapi otot kandung kemih dan dasar panggul adalah bagian tubuh yang rumit yang terkadang dapat mengalami malfungsi, terutama bila kita tidak menggunakannya dengan benar.

Advertisement

Meski demikian, jangan pernah juga berpikir untuk memaksa buang air kecil atau mengeluarkan urin.

Baca juga: Memprihatinkan, Jumlah Anak Penderita Alergi Makanan Terus Bertambah

Dilansir dari Health 24, Senin, (14/9/2020), menurut ahli urologi Yale Medicine, Dr Joseph Brito, Anda tidak perlu mengeluarkan air seni.

Kandung kemih yang sehat bekerja paling baik saat otot dasar panggul agak rileks. Anda juga tidak boleh menggunakan otot perut untuk memaksa keluar air seni, seperti saat Anda buang air besar.

Jika Anda menekan otot panggul saat buang air kecil, sebenarnya Anda sedang melatih otak Anda untuk mengaktifkan dasar panggul saat seharusnya dalam keadaan rileks.

Baca juga: Perempuan Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Sakit Perut Parah Saat Menstruasi

Saat otot-otot ini berkontraksi, tekanan di sekitar uretra dan leher kandung kemih meningkat, membuat Anda tidak dapat mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, yang dapat menyebabkan masalah seperti infeksi.

Seseorang yang secara rutin memaksa keluar urin akan mulai mengalami masalah pola aliran berhenti dan memulai karena otot dasar panggul menjadi bingung tentang apa yang harus mereka lakukan ketika otak Anda memberi sinyal kepada Anda untuk buang air kecil.

Jika Anda sudah memiliki dasar panggul yang kencang, ini dapat menambah ketegangan pada otot dan menyebabkan kondisi seperti nyeri dan inkontinensia.

Jika Anda menemukan bahwa urin Anda tidak mengalir secara alami, mungkin ada beberapa alasannya. Pada pria, penyebab umum kesulitan buang air kecil adalah benign prostatic hyperplasia (BPH), pembesaran prostat non-kanker.

Sulit buang air kecil juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti masalah saraf, obat-obatan tertentu, otot kandung kemih yang melemah, penyumbatan uretra, atau infeksi saluran kemih.

Jika Anda terus-menerus merasa kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih, dapatkan bantuan medis ahli, terutama jika Anda juga mengalami rasa sakit, terbakar atau darah dalam urin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemudik Inilah Jalur Alternatif Masuk Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement