Jangan Pakai Makeup Kadaluwarsa, Dampaknya Mengerikan!

Ilustrasi lipstik - Reuters
22 September 2020 13:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Makeup yang sudah melewati batas masa penggunaan alias kadaluwarsa, sudah semestinya tidak digunakan lagi. Namun, terkadang karena alasan sayang, seseorang nekat menggunakannya apalagi jika masih lumayan banyak. .

Perlu diketahui juga, batas kedaluwasa beberapa makeup dipengaruhi kapan pertama kali kemasannya dibuka. Pada setiap kemasan, biasanya ada tanda Periode After Opening (PAO).

Jika memang sudah tidak layak pakai, sebaiknya jangan nekat menggunakan produk tersebut. Tidak mau kulitmu malah jadi bermasalah, kan?

Dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com dari Yukepo.com , seorang dermatologis bernama Hadley King, M.D, mengatakan Anda harus benar-benar memahami masa berlaku setiap kosmetik layaknya tanggal kedaluwarsa pada susu.

Menurut dia, kosmetik yang sudah melewati masa berlaku biasanya akan mulai mengering dan konsistensinya sudah tidak bagus. Jika diaplikasikan, hasilnya bakal tidak sehalus biasanya, misal pada produk maskara, lipstik, dan foundation.

Baca Juga: Meski Pandemi Jasa Perawatan Kuku Tetap Diminati

Selain itu, bisa saja ada molekul atau zat pada produk tersebut yang sudah rusak dan berubah. Itu dapat menyebabkan iritasi, bahkan membuat kulit terasa seperti terbakar.

Produk kosmetik yang masa berlakunya sudah lewat biasanya mengandung lebih banyak bakteri. Ada banyak risiko iritasi dan jerawat. Jika produk kedaluwarsa itu adalah lipstik, hal terburuk yang bisa terjadi adalah bibir bengkak.

Itulah mengapa sangat direkomendasikan mengganti maskara setelah 3 bulan, mengganti eyeliner dan eyeshadow setelah 6-12 bulan, dan lipstik setiap 18 bulan. Produk makeup lain seperti foundation dan bedak disarankan ganti setelah 12 bulan.

Baca Juga: Demi Kesehatan Kulit, Begini Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Perhatikan pula produk-produk yang sudah terlalu lama Anda simpan. Jangan sampai digunakan setelah 2-5 tahun berlalu.

Kebersihan alat makeup juga perlu dijaga. Misalnya, cuci kuas makeup setidaknya sekali dalam sepekan agar tidak ada bakteri yang bersarang.

Intinya, walaupun masih tersisa banyak sehingga terlalu sayang untuk dibuang, jangan nekat menggunakan makeup kedaluwarsa.

Sumber : suara.com