Hari Kesehatan Mental Sedunia, Komunikasi Kunci Cegah Depresi

Ilustrasi. - Freepik
11 Oktober 2020 12:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pada 10 Oktober kemarin merupakan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini kesehatan mental sedang menjadi sorotan utama dunia. Hal ini berkaitan erat dengan dampak yang diberikan akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini.

Pakar kesehatan mental mengatakan di sini, tingkat depresi dan bunuh diri nasional telah meningkat. Mereka mengatakan kunci untuk membantu melewati ini adalah dengan tetap berkomunikasi. Direktur klinis PsyCare di Struthers, Jeff Bogniard, mengatakan sebagian besar dari masyarakat mengharapkan kehidupan akan kembali normal, dan kondisi ini menjadi lebih rumit.

Baca Juga: Ini Tips Perkuat Imunitas di Masa Pandemi

“Kami memiliki keresahan sosial, isolasi, dan masalah ekonomi yang telah berkontribusi besar terhadap peningkatan depresi, kecemasan, gangguan stres pascatrauma, penyalahgunaan zat, jadi kami benar-benar telah melihatnya, dan kami juga melihat peningkatan angka bunuh diri,” terang Bogniard, melansir dari WFMJ, Sabtu (10/10/2020).

Selain itu konsumsi alkohol telah meningkat pesat. Banyak orang beralih ke narkoba dan alkohol sebagai upaya untuk mengatasi masalah mental tersebut. Oleh sebab itu menjaga rutinitas untuk anak-anak dan orang dewasa sangat penting. Tetap terhubung dapat membantu orang yang hidupnya berubah drastis.

"Apa yang kami lihat adalah pola tidur yang terganggu, kurang tidur atau tidur pada waktu yang salah. Penting bagi orang untuk makan pada waktu yang teratur, berolahraga, merencanakan aktivitas yang aman, dan membatasi waktu layar,” lanjutnya.

Baca Juga: Kak Seto: Anak TK Jangan Dipaksakan Menguasai Kurikulum

Lebih lanjut ia mengatakan menemukan cara untuk terhubung dengan cara yang bermakna dapat memberikan manfaat yang besar.

“Saya pikir penting untuk menjangkau seseorang yang membutuhkan bantuan. Membantu orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk membantu diri kita sendiri. Kami merasa jauh lebih baik saat melakukannya,” tuntasnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Hari Kesehatan Mental Sedunia, Komunikasi Cara Terbaik Cegah Depresi Selama Pandemi". 

Sumber : Okezone