Advertisement

Menstruasi Tidak Teratur Padahal Belum Menikah, Mungkin Ini Penyebabnya

Newswire
Jum'at, 28 Mei 2021 - 14:27 WIB
Nina Atmasari
Menstruasi Tidak Teratur Padahal Belum Menikah, Mungkin Ini Penyebabnya Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Perempuan bisa mengalami gangguan menstruasi termasuk perempuan yang belum menikah. Salah satu yang paling umum terjadi adalah menstruasi tidak teratur. Apa ya penyebabnya?

Menurut dr. Edwin Thia, dokter kandungan dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura, ada beragam penyebab gangguan menstruasi yang dialami perempuan.

"Ada banyak penyebab menstruasi tidak teratur. Alasan paling umum bisa jadi adalah masalah terkait stres dan berat badan," ungkapnya, dikutip dari forum Smarterhealth.id, baru-baru ini.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

dr Thia mengatakan faktor gaya hidup memegang peranan penting dalam pencetus gangguan menstruasi yang dialami perempuan.

Baca juga: Tak Perlu Malu Dibilang Cengeng, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Selain stres dan masalah berat badan, pola makan tidak teratur, kurang istirahat, hingga kebiasaan minum alkohol dan merokok juga dapat menyebabkan gangguan menstruasi.

Untuk itu, perempuan yang mengalami gangguan menstruasi alias menstruasi tidak teratur diminta untuk mengubah gaya hidup.

"Seseorang dapat makan secara sehat dengan pola makan yang seimbang, berolahraga secara teratur, mengurangi asupan alkohol, berhenti merokok dan istirahat yang cukup di malam hari. Tindakan sederhana ini dapat membantu meringankan gejala," tambahnya lagi.

Baca juga: Kebersihan Vagina Perlu Dijaga saat Menstruasi. Begini Caranya...

Advertisement

Namun jika gangguan menstruasi masih terus terjadi meski Anda sudah melakukan perubahan gaya hidup atau disertai dengan masalah kesehatan lain, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

"Jika masalah terus berlanjut atau jika ada gejala lain yang lebih serius, temui dokter kandungan Anda untuk menyelidiki lebih lanjut," tutupnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Terima Beasiswa Pendamping PKH

Sleman
| Minggu, 25 September 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja, Gajinya Tak Main-Main!

News
| Minggu, 25 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement