Sering Alami Ngilu Gigi? Ini Tips Ampuh untuk Mencegahnya

Ilustrasi gigi - istimewa
13 September 2021 23:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SOLO - Penderita gigi sensitif akan mudah merasakan ngilu dalam aktivitas sehari-hari, misalnya saat sikat gigi atau ketika mengonsumsi makanan mauapun minuman yang dingin.

Dokter spesialis konservasi gigi konsultan restorasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), drg. Iffi Aprillia, Sp.KG(K), memberikan sejumlah tips agar Anda terhindar dari gigi ngilu.

Pertama, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan ganti pasti gigi khusus untuk gigi sensitif.

Selain itu, coba lakukan perawatan khusus gigi sensitif, rutin mengganti sikat gigi, serta hindari makanan yang keras, sehingga mencegah gigi retak.

Baca juga: 3 Makanan Ini Harus Hindari untuk Mencegah Risiko Demensia

"Jangan lupa juga untuk menyikat gigi dua kali sehari, 30 menit setelah sarapan dan sebelum tidur," ucap Iffi.

Lebih jauh, dirinya menambahkan bahwa khusus orang dengan struktur gigi yang rapat, mereka dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tak dapat dijangkau oleh sikat.

Sementara itu, Iffi tak menyarankan penggunaan tusuk gigi lantaran dapat mendorong sisa makanan ke bagian saku gusi.

Baca juga: Saran Ahli Diet, Ini Makanan Terbaik untuk Dimakan Sebelum Tidur

Di sisi lain, ia menganjurkan agar masyarakat banyak mengonsumsi buah dan sayur. Pasalnya, serat yang terkandung dalam makanan tersebut dapat berfungsi sebagai sikat gigi alami, sehingga sistem cleansing di rongga mulut pun berfungsi.

"Boleh saja mengonsumsi makanan manis, namun jangan sampai berlebihan. Tidak lupa juga, setiap kita baru sembuh dari sakit, misalnya flu, sebaiknya sikat gigi diganti karena dikhawatirkan banyak abkteri atau virus yang terdapat dalam sikat gigi tersebut," kata Iffi.

Namun, apabila rasa ngilu terus-menerus muncul, bahkan terasa tanpa adanya rangsangan, ia pun menyarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Hal ini penting untuk diperhatikan agar permasalahan lebih cepat ditangani pada tahapan dini, sehingga rasa tidak nyaman yang muncul pun bisa segera hilang dan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Sumber : Antara