Advertisement

Kunyit Asam Minuman Andalan saat Haid, Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 08 Agustus 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kunyit Asam Minuman Andalan saat Haid, Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ilustrasi kunyit - ist/liversupport

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kunyit asam biasa menjadi minuman yang dikonsumsi saat sedang haid. Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari kunyit dan asam. 

Kunyit merupakan bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika khasiatnya sudah dikenal sejak lebih dari 4.000 tahun lalu.

Kunyit adalah sejenis tanaman akar memiliki warna kuning keemasan. Karena berbagai kandungan nutrisinya, tanaman akar ini bahkan telah didaulat menjadi makanan yang termasuk dalam kategori superfood atau makanan super. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Wanita Indonesia mengenal kunyit sebagai ramuan yang ampuh antara lain untuk membantu melancarkan haid. Minuman kunyit pun menjadi andalan banyak wanita ketika sedang menstruasi. Namun apakah minuman herbal ini bisa dikonsumsi setiap hari?

Dilansir dari hellosehat, meskipun kaya akan manfaat, kunyit berisiko menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak setiap harinya. Kunyit bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat dan suplemen tertentu misalnya obat diabetes, tekanan darah, dan pereda nyeri.

Baca juga: Kenali Penyebab Nyeri Haid yang Sampai Pingsan

Jadi sebaiknya Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit saat menstruasi. Terlalu banyak mengonsumsi kunyit juga berisiko menyebabkan sakit perut dan memicu maag. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kunyit aman bagi tubuh.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement