Advertisement

Ini 10 Manfaat Keluarga Buah Berry untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Agustus 2022 - 01:37 WIB
Sirojul Khafid
Ini 10 Manfaat Keluarga Buah Berry untuk Kesehatan Stroberi - greenwells.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Buah berri adalah buah kecil, kenyal, dan sering dimakan. Biasanya, beri berair, bulat, berwarna cerah, manis, asam atau asam, dan tidak memiliki batu atau lubang, meskipun banyak biji atau biji mungkin ada.

Contoh umum dari buah jenis berri-berrian adalah stroberi, raspberry, blueberry, blackberry, kismis merah, kismis putih dan blackcurrant. 

Dilansir dari healthline, buah berri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah Anda. 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Penasaran apa saja manfaat buah berri untuk kesehatan dan kecantikan? Ini perinciannya yang bisa Anda gunakan manfaatnya.

1. Sarat dengan antioksidan

Buah beri mengandung antioksidan, yang membantu mengendalikan radikal bebas.

Buah beri adalah sumber antioksidan yang hebat, seperti anthocyanin, asam ellagic, dan resveratrol. Selain melindungi sel Anda, senyawa tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit.

Satu studi menunjukkan bahwa blueberry, blackberry, dan raspberry memiliki aktivitas antioksidan tertinggi dari buah-buahan yang biasa dikonsumsi, di samping buah delima.

Faktanya, beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa antioksidan dalam buah beri dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

2. Dapat membantu meningkatkan gula darah dan respons insulin

Buah beri dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin Anda.

Uji tabung dan penelitian pada manusia menunjukkan bahwa mereka dapat melindungi sel-sel Anda dari kadar gula darah tinggi, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah dan respons insulin terhadap makanan tinggi karbohidrat.

Advertisement

Yang penting, efek ini tampaknya terjadi pada orang sehat dan orang dengan resistensi insulin.

Dalam satu penelitian pada wanita sehat, makan 5 ons (150 gram) stroberi murni atau beri campuran dengan roti menyebabkan penurunan kadar insulin 24-26%, dibandingkan dengan mengonsumsi roti saja.

BACA JUGA: Waspadai! Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Perempuan

Advertisement

3. Tinggi serat

Buah beri adalah sumber serat yang baik, termasuk serat larut. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi serat larut memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan Anda, yang menyebabkan berkurangnya rasa lapar dan peningkatan perasaan kenyang.

Ini dapat mengurangi asupan kalori Anda dan membuat manajemen berat badan lebih mudah.

Satu studi menemukan bahwa menggandakan asupan serat Anda dapat membuat Anda menyerap hingga 130 kalori lebih sedikit per hari.

4. Memberikan banyak nutrisi

Buah beri rendah kalori dan sangat bergizi. Selain tinggi antioksidan, mereka juga mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Advertisement

Buah beri, terutama stroberi, kaya akan vitamin C. Faktanya, 1 cangkir (150 gram) stroberi menyediakan 150% RDI untuk vitamin C (20).

Dengan pengecualian vitamin C, semua buah beri cukup mirip dalam hal kandungan vitamin dan mineralnya.

5. Membantu melawan peradangan

Buah beri memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Advertisement

Peradangan adalah pertahanan tubuh Anda terhadap infeksi atau cedera. Jenis peradangan kronis ini diyakini berkontribusi pada kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah beri dapat membantu menurunkan penanda peradangan

6. Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol

Buah beri adalah makanan yang menyehatkan jantung.

Raspberry hitam dan stroberi telah terbukti membantu menurunkan kolesterol pada orang yang mengalami obesitas atau memiliki sindrom metabolik.

Advertisement

Dalam studi 8 minggu, orang dewasa dengan sindrom metabolik yang mengonsumsi minuman yang terbuat dari stroberi beku-kering setiap hari mengalami penurunan 11% kolesterol LDL (jahat).

Terlebih lagi, buah beri dapat membantu mencegah kolesterol LDL teroksidasi atau rusak, yang diyakini sebagai faktor risiko utama penyakit jantung.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Cuka Apel yang Jarang Diketahui

7. Mungkin baik untuk kulit Anda

Buah beri dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit, karena antioksidannya membantu mengendalikan radikal bebas, salah satu penyebab utama kerusakan kulit yang berkontribusi terhadap penuaan.

Advertisement

Meskipun penelitian terbatas, asam ellagic tampaknya bertanggung jawab atas beberapa manfaat buah beri yang berhubungan dengan kulit.

8. Dapat membantu melindungi dari kanker

Beberapa antioksidan dalam buah beri, termasuk anthocyanin, asam ellagic, dan resveratrol, dapat mengurangi risiko kanker.

Secara khusus, penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa buah beri dapat melindungi terhadap kanker kerongkongan, mulut, payudara, dan usus besar.

Dalam sebuah penelitian pada 20 orang dengan kanker usus besar, makan 2 ons (60 gram) raspberry beku-kering selama 1-9 minggu meningkatkan penanda tumor pada beberapa peserta, meskipun tidak semua.

9. Dapat dinikmati di hampir semua jenis diet

Buah beri dapat dimasukkan dalam berbagai jenis diet.

Meskipun orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat dan ketogenik sering menghindari buah, Anda biasanya dapat menikmati buah beri dalam jumlah sedang.

10. Dapat membantu menjaga arteri Anda tetap sehat

Selain menurunkan kolesterol, buah beri memberikan manfaat lain untuk kesehatan jantung, termasuk meningkatkan fungsi arteri Anda.

Sel-sel yang melapisi pembuluh darah Anda disebut sel endotel. Mereka membantu mengontrol tekanan darah, menjaga darah dari pembekuan, dan melakukan fungsi penting lainnya.

Peradangan yang berlebihan dapat merusak sel-sel ini, menghambat fungsi yang tepat. Ini disebut sebagai disfungsi endotel, faktor risiko utama penyakit jantung.

Berries telah ditemukan untuk meningkatkan fungsi endotel dalam penelitian pada orang dewasa yang sehat, individu dengan sindrom metabolik, dan orang yang merokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Program Minapadi Dikembangkan di 3 Kapanewon

Gunungkidul
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement