Advertisement

Apakah Benar Popcorn Bisa Bantu Diet?

Widya Islamiati
Selasa, 11 Oktober 2022 - 05:37 WIB
Sirojul Khafid
Apakah Benar Popcorn Bisa Bantu Diet? Popcorn - Istimeewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketika menonton bioskop layar lebar, tentu tidak lengkap jika tidak membeli popcorn untuk disantap sembari menonton film. Camilan yang proses pembuatannya meledak-ledak ini juga enak dinikmati kala bersantai.

Camilan dari jagung ini ternyata punyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini fakta nutrisi mengenai popcorn berdasarkan beberapa sumber!

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam 24 gram popcorn atau setara dengan tiga cangkir, dapat mengandung 18.6 gram karbohidrat, 93 kalori, 1.1 gram lemak, 1.9 natrium, 3.6 gram serat, 0.2 gram gula, 3 gram protein, serta 34.5 mg magnesium.

1. Kaya akan serat, bantu proses pencernaan

Serat yang terkandung dalam 3 cangkir popcorn atau 24 gram, setara dengan 1 cangkir nasi merah ataupun oatmeal. Sebagian serat yang terkandung dalam popcorn ini merupakan serat tidak larut yang dapat membantu membangun massa dalam tinja dan mempercepat waktu transit melalui usus.

BACA JUGA: Pelecehan Seksual Anak Tengah Marak, Simak Tips Mencegahnya...

2. Serat juga bantu penurunan berat badan

Proses pencernaan lancar karena kandungan serat yang tinggi, juga dapat membantu penurunan berat badan. Selain itu, kalori yang terkandung dalam popcorn juga cukup rendah. Meskipun demikian, popcorn tetap bisa memberikan rasa kenyang hampir setara dengan camilan yang kurang sehat dan berlemak.

3. Serat tidak larut dan polifenol juga berguna cegah divertikulitis

Divertikulitis merupakan infeksi atau peradangan pada saluran pencernaan yang menyebabkan terbentuknya kantong yang tidak normal di usus. Asupan serat dapat mengurangi stres pada usus. Lalu, dengan kandungan polifenol dalam popcorn ini dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat memicu serangan divertikular

4. Termasuk biji-bijian utuh, bisa turunkan risiko diabetes

Mengonsumsi biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2, terutama untuk lansia. Popcorn yang merupakan olahan dari biji jagung juga termasuk biji-bijian utuh. Lalu, popcorn juga termasuk makanan yang rendah Indeks Glikemik (GI), ini bisa membantu jaga kadar gula rendah dan menghindari fluktuasi yang terkait dengan makanan tinggi GI.

Advertisement

BACA JUGA: Jangan Terlalu Suka Makan Mi Instan? Ini Bahayanya

5. Sumber polifenol, bantu menangkal penyakit

Antioksidan yang terkandung dalam popcorn adalah polifenol. Penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa flavonoid dan isoflavon dapat membantu melindungi kanker payudara dan prostat. Polifenol ini termasuk flavonoid, asam fenolik, lignan, dan stilbenes.

Cara kerja polifenol dalam tubuh adalah dengan menghilangkan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah. Kemudian dalam proses selanjutnya ini bisa, mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia Qatar Ternyata Dibuat di Sini

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement