Advertisement

Ini Masalah yang Bisa Muncul Jika Anda Mengabaikan Gigi Berlubang

Chelin Indra Sushmita
Senin, 15 April 2019 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Ini Masalah yang Bisa Muncul Jika Anda Mengabaikan Gigi Berlubang Ilustrasi gigi sehat (Pictagram)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Gigi merupakan alat pencernaan yang juga berfungsi untuk estetika. Sakit gigi sangat sering dikeluhkan. Maklum saja, gigi merupakan bagian vital dalam proses makan dan minum. Mengonsumsi makanan panas, dingin, serta manis menyebabkan gigi terasa ngilu dan menjadi lebih sensitif.

Salah satu masalah yang dialami pada gigi adalah munculnya lubang. Lubang di gigi muncul karena berbagai sebab. Mulai dari kebiasaan makan makanan manis, panas, dingin, terlalu keras, hingga malas menggosok gigi.

Advertisement

Gigi yang berlubang biasanya akan terasa ngilu dan menjadi sangat sensitif. Jika dibiarkan, hal itu memunculkan berbagai masalah lain pada gigi. Mau tahu apa saja kemungkinan buruk akibat membiarkan gigi berlubang? Simak ulasan yang dihimpun dari Reader Digest, Minggu (14/4/2019), berikut:

Kerusakan saraf

Rasa sakit pada gigi berlubang yang tak kunjung ditangani memicu kerusakan saraf. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya mencabut gigi agar tidak menyebabkan masalah lain yang semakin parah.

Gigi terbelah

Gigi yang terus-menerus terasa ngilu merupakan tanda kerusakan yang parah. Dalam kondisi terburuk, hal ini menyebabkan gigi rapuh dan lebih mudah retak. Anda semestinya segera menambal atau malah mencabut gigi tersebut agar tidak timbul masalah lain.

Gigi mati

Gigi berlubang yang tidak ditangani akan mengalami kerusakan. Lama-kelamaan, rasa ngilu di gigi memang hilang. Namun, itu tandanya gigi sudah rusak karena sarafnya mati. Tidak ada gunanya mempertahankan gigi tersebut.

Infeksi

Jaringan mati yang tertinggal di gigi bisa memicu infeksi yang cukup parah. Bakteri dan racun yang berkumpul di jaringan mati ini bakal menjalar ke pipi dan mulut. Akhirnya, Anda bakal mengalami pembengkakan di sekitar rongga mulut.

Itulah beberapa masalah yang bakal timbul akibat membiarkan gigi berlubang. Jika tidak ingin hal itu terjadi, periksakan kesehatan gigi setiap enam bulan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement