Advertisement

Masih Ragu Menggunakan Menstrual Cup? Simak Penjelasan Berikut

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 23 Juli 2019 - 15:07 WIB
Nina Atmasari
Masih Ragu Menggunakan Menstrual Cup? Simak Penjelasan Berikut Menstrual Cup - Instagram @organicup.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Baru-baru ini, muncul seruan komunitas pemerhati lingkungan membawa pengaruh besar pada masyarakat urban. Berbagai kampanye muncul untuk mengajak masyarakat lebih peduli pada hal-hal tertentu yang seringnya terabaikan.

Menganut paham zero waste atau nol sampah, salah satu komunitas pencinta lingkungan mengembangkan ide menciptakan sebuah menstrual cup, yakni sebuah wadah yang akan menampung darah saat menstruasi, salah satu alternatif pengganti pembalut.

Advertisement

Menstrual cup berbentuk seperti mangkok dengan batang diujungnya yang terbuat dari bahan silikon. Untuk memasukkan menstrual cup ke Miss V, Anda hanya perlu melipat bagian mangkok sebelum dimasukkan ke dalam Miss V.

Saat berada di Miss V, menstrual cup dianggap mampu menampung darah dalam durasi 12 jam setiap harinya. Hebatnya lagi, menstrual cup ini dapat dipakai berulang kali dalam kurun waktu 10 tahun dengan catatan menstrual cup harus disterilkan dengan cara mencucinya.

 Penjualan menstrual cup

Berdasarkan pantauan, belum ada toko fisik yang terang-terangan menjual menstrual cup. Namun melalui laman marketplace Tokopedia, terpantau menstrual cup dijual dengan berbagai merk mulai dari Lunar, OrganiCup hingga Diva Cup dengan rentang harga Rp50.000 hingga Rp1.000.000.

Setiap kotak umumnya terdiri lebih dari satu menstrual cup yang terdiri dari berbagai warna mulai dari putih, pink, ungu dan biru.

Ukurannya pun berbeda satu sama lain, ukuran mini atau S diperuntukkan bagi remaja. Sedangkan ukuran A, B atau L diperuntukkan bagi dewasa sesuai dengan diameternya.

 Respons Warganet

 Menstrual cup mendapatkan reaksi yang beragam dari warganet. Sebagian merasa menstrual cup adalah perubahan besar bagi dirinya karena mampu berkontribusi untuk lingkungan, namun tak sedikit yang menganggap kalau menstrual cup hanya merepotkan.

Pendapat Ahli Kesehatan

 Berbicara pada pada Selasa (23/7/2019) dr Prima Progestian, ahli kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan, menegaskan kalau penggunaan menstrual cup sangat aman.

“Aman kok, walau jarang yang pakai di Indonesia kan, karena dianggap merepotkan. Risetnya sih efektif cuma memang tergantung pemakaian, ya. Pemasangannya bener nggak, bisa rembes kan kalau cup nya nggak terbuka semua di dinding vagina,” tuturnya.

Pemakaian hingga 12 jam setiap harinya juga dianggapnya umum dilakukan, namun sebagai ahli kesehatan pemakaian menstrual cup yang disarankan adalah 4 hingga 5 jam jika darah sedang banyak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement