Advertisement

Jangan Terlewat! Ini 5 Tahapan Skincare untuk Pria

Alifian Asmaaysi
Jum'at, 17 Juni 2022 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Terlewat! Ini 5 Tahapan Skincare untuk Pria Ilustrasi urutan skincare untuk pria - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Tidak hanya kaum wanita, kulit wajah pria juga membutuhkan perawatan wajah (skincare) yang tidak boleh terlewatkan agar kulit tetap sehat dan ternutrisi. Simak 5 urutan skincare untuk pria.

Kunci melakukan perawatan kulit wajah adalah konsisten. Anda tak bisa mengharapkan hasil hanya dari 2 atau 3 kali pemakaian. Selain itu, urutan penggunaan produk skincare juga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil perawatan Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui urutan penggunaan produk skincare yang benar agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sebelum masuk ke dalam rangkaian urutan penggunaan produk skincare, Anda harus mengenali lebih dahulu kondisi jenis kulit Anda. Jenis kulit yang paling umum adalah jenis kulit kering, berminyak dan normal.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok pada Perempuan dan Laki-laki

Selain harus mengenali kondisi jenis kulit, Anda juga harus “peka” terhadap apa yang kulit Anda butuhkan. Perhatikan permasalahan kulit yang muncul, apakah jerawat, flek hitam, atau tanda penuaan? Hal ini penting untuk diketahui guna menentukan produk yang paling efektif digunakan untuk kulit Anda.

Jika kulit Anda mulai menunjukkan tanda penuaan, Anda perlu mencari produk yang mengandung retinol. Berbeda halnya jika kulit Anda memiliki flek hitam, produk yang cocok untuk menangani permasalahan kulit tersebut adalah produk yang mengandung vitamin C atau kojic acid.

5 Urutan Penggunaan Skincare untuk Pria

Jika sudah mengantongi semua identitas kulit Anda, yang perlu menjadi perhatian adalah langkah penggunaan produk skincare. Adapun 5 langkah dasar tersebut, diantaranya:

1. Membilas Wajah

Setelah seharian beraktivitas, tentu kotoran dan bakteri menempel pada wajah Anda. Dengan mencuci wajah, Anda dapat menghilangkan bakteri yang menempel tersebut. Selain itu, mencuci wajah juga penting untuk dilakukan guna menghapus sisa produk seperti tabir surya yang masih menempel.

Karena jika dibiarkan, sebum dan kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik akan tumbuh menjadi jerawat dan dapat menimbulkan berbagai permasalahan baru. Namun, mencuci wajah secara berlebihan juga tidak dianjurkan karena dikhawatirkan akan membuat kulit Anda menjadi kering. Idealnya, mencuci wajah cukup dilakukan pada pagi dan malam hari.

Advertisement

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu membasahi wajah dan menggosokkan kedua tangan yang sudah dilumuri oleh produk pembersih wajah ke seluruh bagian wajah. Lalu, lakukan gerakkan memutar selama sedikitnya 30 detik. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air mengalir. Hindari menggunakan handuk badan untuk mengeringkan wajah. Gunakan handuk khusus wajah agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

2. Mengaplikasikan Toner

Penggunaan toner sangat penting untuk tidak dilewatkan. Karena toning membantu pria berurusan dengan jerawat, inner growth hair, bahkan tanda penuaan.

Toner biasanya diaplikasikan dengan menggunakan sebuah kapas yang telah dituangkan produk yang kemudian digosokkan ke seluruh wajah dan leher Anda.

Advertisement

Namun Anda juga bisa menggunakan toner dengan cara di menuangkannya ke tangan dan di tepuk-tepuk secara halus ke bagian wajah. Perlu menjadi catatan, untuk produk Exfoliating Toner, Anda harus mengaplikasikannya dengan menggunakan kapas.

3. Memakai Serum

Serum adalah produk berkonsistensi gel atau lotion ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif tinggi. Jika Anda ingin menutrisi kulit secara maksimal, serum adalah jawabannya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah serum dengan kandungan senyawa yang sesuai untuk permasalahan kulit Anda.

Jika kulit Anda kering, carilah serum yang mengandung hyaluronic acid. Sementara untuk memerangi garis halus dan tanda penuaan, Anda perlu memastikan serum yang dibeli mengandung retinol.

Advertisement

Sementara jika Anda ingin mengatasi permasalahan kulit kusam, cobalah serum yang memiliki kandungan vitamin C dengan intensitas yang tinggi.

Terakhir, jika Anda mencari serum yang cocok untuk kulit berjerawat, gunakan serum yang mengandung salicylic acid untuk melawan jerawat dan menghilangkan sumbatan pori-pori.

4.  Mengoleskan Krim Mata 

Kulit di bawah mata adalah bagian tertipis di kulit Anda. Biasanya, bawah mata memiliki masalah seperti kantung mata dan garis halus bukan? Gunakan produk krim mata (eye cream) untuk menumpas semua permasalahan itu.

Advertisement

Cara penggunaanya pun mudah, cukup ambil produk secukupnya pada ujung jari dan aplikasikan pada bagian bawah mata Anda dengan cara di tepuk-tepuk secara perlahan.

5. Memakai Pelembab/Sunscreen

Pada pagi hari, gunakan pelembang yang mengandung suncsreen atau Sun Protection Formula (SPF) sebelum bepergian keluar rumah. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi kulit Anda dari radiasi UVA dan UVB yang ada pada sinar matahari.

Sementara pada malam hari, Anda perlu menggunakan pelembab yang berbeda. Dimalam hari, gunakan pelembab yang memiliki bahan aktif untuk menutrisi kulit Anda saat tidur. Karena pada malam hari, kulit meregenerasi dua kali lebih cepat.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kejati DIY Buka Balai Rehabilitasi Pengguna Narkoba, Ini Lokasinya

Bantul
| Senin, 04 Juli 2022, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement